Profil Program Doktoral Ekonomi dan Keuangan Syariah IEF Universitas Trisakti

Prof. Dr. Masudul Alam Choudhury, Pendiri & International Chairman. IEF adalah program pascasarjana di bidang Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti berdasarkan pendekatan sistem umum untuk mempelajari sistem yang kompleks dan analisis empiris teori-kebijakannya. Metodologi utama Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti adalah studi tentang sistem dunia melalui Tauhid. Tauhid berarti keesaan Allah yang diekspresikan dalam kesatuan hukum tauhid yang mengatur wilayah 'Segalanya'. Di dalam sistem kesatuan pengetahuan dunia yang digeneralisasi ini terletak studi Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti yang sangat mum-uni. Metodologinya adalah untuk mengambil dari Al-Qur'an, Sunnah, dan mempelajari wacana metodologi dan penerapan Tawhidi String Relationship (TSR) untuk studi IIlmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti dalam sistem yang tergeneralisasi dan pandangan dunia cybernetic.

Tujuan utama Program Doktor di Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti adalah studi analitik interdisipliner Ekonomi dan Keuangan Syariah sebagai sistem yang tertanam dalam pandangan dunia Tauhid (monoteistik) tentang kesatuan pengetahuan. Studi semacam itu sementara dari sistem yang tergeneralisasi dan pandangan dunia cybernetic juga secara ekstensif komparatif. Kajian Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti melingkupi tafsir Al-Qur’an, As-Sunnah, Maqasid as-Syariah, epistemologi, teori teknis, aplikasi, dan analisis empiris. Ini dilakukan melalui metode pemodelan matematika, statistik, dan ekonometrika serta pemodelan komputer. Para Pengajar Terkemuka juga memberikan kontribusinya dalam proses mengajar di Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti, mereka dituntut untuk memaparkan keahliannya yang berpusat di TSR.

TSR adalah singkatan dari Tawhidi String Relationship. Ini adalah metodologi ilmiah esensial yang diturunkan dari Al-Qur'an dan Sunnah untuk studi kesatuan pengetahuan sebagai epistemologi variabel dan hubungan mereka yang timbul dari masalah khusus dan umum yang sedang diselidiki. Dengan demikian Program Doktor di Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti, Program Penelitian Ilmiah Tauhid (TSRP) memperoleh pendekatan berikut: Pengajaran, penelitian, ujian pemahaman siswa, seminar, ujian hasil penelitian dan ujian disertasi. Metodologi TSR dan aplikasi empirisnya dalam topik penelitian sangat diperlukan. Tanpa metodologi TSR yang komprehensif dan penerapannya dengan metode empiris Circular Causation, mahasiswa tidak dapat lulus ujian dan disertasi sehingga lulus dengan gelar Doktor. Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah (IEF) Universitas Trisakti memiliki pengajar yang cakap dan perpustakaan yang berkembang dengan referensi yang baik untuk memungkinkan siswa mempelajari TSR. Pengajar diwajibkan untuk mengajar mata kuliah mereka dalam kerangka TSR.

Ekonomi dan Keuangan Syariah Universitas Trisakti profil

Alm. Prof. Sofyan S. Harahap, Ekonomi dan Keuangan Syariah IEF Universitas Trisakti